Macam - Macam Sayuran Terbaik Penunjang Tumbuh Kembang Anak

Tips 18/07/2022
Bagikan 

Macam - Macam Sayuran Terbaik Penunjang Tumbuh Kembang Anak

Anak sebagai generasi dan harapan kita setiap orang tua. Dalam merawatnya, tentu tidak sembarangan, pertumbuhan dan perkembangan anak perlu diperhatikan salah satunya dengan memberi makan nutrisi dengan sayuran. Berikut adalah beberapa jenis sayur terbaik untuk anak :

1. Brokoli

Brokoli sebagai sayuran hijau yang kaya akan vitamin, diantaranya vitamin A, vitamin C, dan folat. Vitamin A pada prokoli menunjang kesehatan mata juga melindungi sel-sel tubuh Si Kecil dari kerusakan. Selanjutnya, yaitu vitamin C berguna sebagai perangsang pembentukan kolagen yang berguna dalam pertumbuhan tulang dan jaringan tubuh. Tak lupa kandungan folat dalam brokoli juga diperlukan dalam proses pembelahan dan perkembangan sel-sel baru yang menyusun tubuh.

2. Jamur

Jamur adalah sayuran yang mengandung banyak sekali protein, kalsium, zat besi, vitamin B12. Selain itu, jamur juga memiliki kandungan vitamin D lho Yo People! Kandungan kalsium dan vitamin D pada jamur penting sekali dalam berperan pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium berperan membantu penyerapan zat besi yang tentu dibutuhkan dalam pembentukan sel darah merah.

3. Wortel

Sayur yang kaya akan manfaat, wortel ini kaya akan beta-karoten. Beta-karoten adalah bahan baku vitamin A yang sangat penting dalam pertumbuhan anak, terutama untuk membangun sistem kekebalan tubuh dan melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Selain itu, wortel juga mengandung banyak vitamin B1, B3, dan B6. Vitamin B1 membantu tubuh memproduksi energi, vitamin B3 bermanfaat bagi perkembangan otak, sementara vitamin B6 diperlukan dalam perkembangan sistem saraf.

4. Jagung Manis

Jagung manis dikenal dengan sumber energi karena kandungan karbohidrat yang tinggi. Namun selain itu jagung manis  mengandung protein yang berperan penting dalam pertumbuhan Si Kecil. Protein berperan dalam pembentukan struktur sel, membangun massa otot, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, membentuk enzim dan antibody serta mengatur jaringan dan organ.

5. Bayam

Bayam mengandung vitamin A, C, E, asam folat, zat besi, kalsium dan masih banyak lagi. Semua kandungan yang terdapat pada bayam itu bermanfaat untuk perkembangan mata, perlindungan sel tubuh dari kerusakan, produksi energi, kesehatan pencernaan, serta menjaga kelangsungan fungsi tubuh selama masa pertumbuhan.

Demikianlah pembahasan mengenai sayuran terbaik guna tumbuh dan kembang anak. Sebagai orang tua tentunya Yo People harus sering memperhatikan asupan nutrisi pada tubuh Si Kecil ya! Sayuran tersebut bisa Yo People dapatkan di Yogya cabang favorit kamu lho! Selain itu, Yo People sekarang tak perlu khawatir belanja kebutuhan dari rumah. Kini, semakin mudah belanja via whatsapp (ketik-bayar-sampai) dan belanja online di www.yogyaonline.co.id


×