Menjaga Kebersihan Dapur Agar Terhindar Dari Bakteri

Tips 01/09/2020
Bagikan 

Hmm, masakannya enak tapi koq dapurnya kotor? Siapa yang hobby masak tapi nggak hobby bersih-bersih dapur? Membersihkan dapur bukanlah suatu hal yang sulit, tetapi kalau kotornya sudah numpuk dan berlarut-larut, pasti akan terasa malas. Yuk simak cara mudah dan ringkas supaya dapur selalu dalam keadaan bersih.


1. Cuci peralatan masak segera

Setiap beres memasak sebuah jenis masakan, sebaiknya perabotan langsung dicuci. Jangan dibiarkan menumpuk ya, karena jika sudah menumpuk kita akan semakin malas untuk mencucinya. Mulai cicil mencuci dari peralatan yang paling kecil, seperti pisau, sendok garpu, lalu ke peralatan yang lebih besar, seperti spatula, penggorengan, dan lain lain.

 

2. Lap area kompor ketika sedang memasak

Saat menunggu bumbu racikan menyerap, atau rebusan mendidih, kita bisa mengamati noda sekitar kompor. Jika menemukan area yang kotor, segera lap dengan kain atau tissue. Dengan begitu, kotoran tidak akan berkerak dan semakin lama akan sulit untuk dibersihkan. Kotoran yang menumpuk itu akan menyebabkan area kompor akan terlihat jorok.

 

3. Mengganti spons cuci dan lap secara berkala

Kebayang nggak sih bakteri yang tumbuh di spons cuci dan lap yang sudah lama dipakai? Kalau kedua barang tersebut dipakai terus menerus dalam keadaan kotor, peralatan dapur juga akan ikut terkena bakteri. Jangan tunggu sampai rusak ya Yo people, spons cuci dan lap sebaiknya diganti secara berkala.

 

4. Memisahkan penggunaan talenan untuk berbagai jenis makanan

Punya berapa talenan di dapur hayo? Menjaga kebersihan talenan itu cukup mudah lho, dengan cara memisahkan penggunaan talenan untuk jenis makanan tertentu. Makanan mentah akan mudah menimbulkan bakteri, jadi sebaiknya gunakan talenan terpisah dari makanan lainnya. Dan jangan lupa segera dibersihkan setelah dipakai.

 

5. Cahaya dan sirkulasi udara di dapur

Nah tips yang terakhir ini nggak ada hubungan dengan kerajinan bersih-bersih. Cukup dengan memastikan dapur mendapatkan sirkulasi udara dan cahaya yang baik. Dengan begitu, bakteri dan kuman tidak akan bersarang lama-lama di dapur Anda. Bisa juga dibantu dengan exhaust fan atau penyerap udara lembab.

 

Sekarang Yo people udah tau caranya kan menjaga kebersihan dapur kan? Semoga dapur kalian selalu dalam keadaan bersih ya. Semua perabotan dapur dan peralatan bersih-bersihnya bisa kalian dapatkan di Toserba Yogya dan Griya terdekat lho. Barangnya lengkap, berkualitas, dengan harga yang pasti terjangkau.

×