Rahasia Dapur : Keajaiban bawang dalam masakan

Tips 08/09/2023
Bagikan 

Halo YO People! Tau gasiii kenapa di film – film Indonesia bawang putih dan bawang merah ada sebutan nama lain kaya bawang baik dan bawang judes? Tentunya cerita bawang merah dan bawang putih sudah terkenal di Indonesia. Tapi, mengapa di dunia dapur bawang putih sering dijuluki bawang baik dan bawang merah disebut bawang judes? Yomin kasih tau nih, waktu bawang merah dikupas seringkali bikin kita menangis. Berbeda halnya waktu kita mengupas bawang putih. Maka dari itu bawang merah di sebut bawang judes dan bawang putih disebut bawang baik.

Dalam dunia masak bawang punya peran penting yang membuat hidangan menjadi istimewa dan disukai orang rumah.

Yuk, kenalan sama keluarga bawang ini:

1. Bawang Putih: Kekuatan Penyedap dan Kesehatan

Bawang putih, dikenal sebagai bawang yang baik. Kalau dijadikan film maka dia akan menjadi bintang utamanya karena memiliki sifat antimikroba dan antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan. YO People bisa gunakan bawang putih di setiap tumisan sayur, daging, atau seafood. Tinggal dihaluskan atau di iris tipis.

2. Bawang Merah: Warna dan Rasa yang Menggoda

Bawang merah suka dijuluki sebagai si bawang judes karena warna, rasa dan aromanya tajam. Walaupun begitu, bawang merah dapat menambah citarasa dan memberikan manfaat pada kesehatan karena mengandung senyawa antiosidan dan antiinflamasi. YO People bisa mengolah bawang merah dengan mengiris tipis tapi hati-hati ya Yo People, karna saat di iris suka bikin mata pedih, seperti nonton film bawang merah bawang putih yang sering bikin sedih.

3. Bawang Bombay: Penguasa Aroma dalam Masakan

Bawang Bombay, juga bisa kenal dengan bawang besar, mempunyai rasa yang manis dan aroma yang khas. Bawang ini sering banget jadi bahan dasar dari tumisan, sup dan hidangan yang berkuah. Bawang Bombay juga punya karakter sendiri dalam masakan yaitu mampu menghadirkan aroma yang menggoda selera. YO People bisa pakai bawang Bombay sebagai dasar dalam memasak saus, kari, maupun masakan sehari – hari yang nikmat.

Sudah banyak nih ngebahas rahasia tentang bawang tapi kalau cuma bawang doang rasanya bukan rahasia ya YO People. Yomin bakal bahas bumbu dapur yang wajib dipakai untuk masak yaitu Garam dan Lada. Lada menambah rasa pedas dan hangat, dan garam mengimbangi rasa masakan. YO People juga bisa pakai bumbu kaldu atau MSG untuk menambah rasa umami pada hidangan. Bawang, lada, dan garam akan membuat masakan YO People jadi nikmat, apalagi untuk YO People yang baru belajar memasak.

Check it out menu tumisan simple yuk!! 

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Kangkung segar, cuci bersih dan potong-potong
  • Bawang putih, cincang halus / iris tipis
  • Bawang merah, iris tipis
  • Cabai merah (sesuai selera), iris serong agar lebih aestetik
  • Minyak sayur
  • Garam secukupnya
  • Kaldu bubuk atau penyedap rasa (opsional)

Langkah-langkah:

  1. Cuci bersih kangkung, pisahkan daunnya dari batang lalu potong – potong secukupnya
  2. Cincang / iris tipis bawang putih, bawang merah, dan cabai merahnya
  3. Beri minyak secukupnya.
  4. Jika minyak sudah panas, masukkan bawang putih terlebih dahulu hingga kekuning – kuningan
  5. Dilanjut dengan bawang merah, dan cabai merah hingga harum dan bawang mulai berubah warna kecokelatan
  6. Setelah itu masukkan kangkung dan beri air secukupnya
  7. Aduk – aduk kangkung, tambahkan sedikit garam dan kaldu bubuk atau penyedap rasa sesuai selera. Pastiin jangan terlalu banyak karena kangkung memiliki rasa yang lezat secara alami
  8. Tumis kangkung dengan terus diaduk hingga layu dan matang. Kangkung akan mengempis dan daunnya akan berubah warna menjadi lebih gelap
  9. Cicipi kangkung yang sudah dimasak. Jika perlu, tambahkan garam atau penyedap rasa lagi sesuai selera
  10. Setelah kangkung matang, angkat dari wajan dan sajikan.

Sudah beres deh numisnya.  Mudah bukan??

Belanja sayuran, buah dan bahan makanan yang segar? Ya #HanyaDiYogya karena YO People bisa makan enak tetap hemat. Oiya Yomin mau ngasih tau nih setiap Senin & Kamis ada promo Daisabu. Daging, ikan, sayur, dan buahnya diskon 10%.  Plus lagi heboh hujan promo bahan masak dan segala asupan untuk membahagiakan perut YO People! semuanya ada di gelaran Ayo Masak hingga 28 September 2023.

YO People bisa dapet minyak goreng kunci mas 200 ML GRATIS dan bisa belanja Tebus Murah:

  • So Good Chicken Nugget 400 gr harga 32.950
  • Minyak Barco 1L harga jadi 28.950
  • Heavenly Blush Greek Yoghurt 200 ml harga 10.000
  • Mie Sedap Goreng isi 4 harga 10K

** untuk 60.000 member pertama

Ada voucher 5K juga dari MyYOGYA untuk pembelanjaan minyak goreng ALL VARIANT

** untuk 1200 member MyYOGYA pertama  

Masih banyak juga keseruan di mini bazaar, lomba masak, dan cooking demo di cabang favorit! Ikutin info selengkapnya di Instagram @info_yogyagroup

 Yomin tunggu ya kedatangannya di YOGYA & GRIYA cabang favorit kalian ❤

×