Konsumsi Ikan Saat Hamil, Ternyata Banyak Manfaatnya Lho!

Tips 01/08/2022
Bagikan 

Yo People tahu tidak? Saat hamil, mengkonsumsi ikan ternyata membantu memperoleh asam lemak omega 3 yang berperan besar guna mengembangkan fungsi otak janin secara optimal. Jumlah ikan untuk ibu hamil yang direkomendasikan adalah sebanyak 8 hingga 12 ounce ikan rendah merkuri setiap minggu. Jumlah ikan untuk ibu hamil ini setara dengan sekitar 2 sampai 3 porsi per minggu yang bisa dimakan untuk menggantikan jenis protein lain. Pastikan Yo People memilih variasi ikan untuk ibu hamil yang rendah merkuri seperti salmon, udang, tuna, serta lele. Berikut mari kita bahas mengenai manfaat ikan untuk ibu hamil :

1. Mendukung Pertumbuhan Otak Bayi

Terbukti meningkatkan kekuatan otak bayi, konsumsi ikan berlemak khususnya, misalnya ikan salmon yang merupakan sumber asam lemak omega-3 DHA. Mengkonsumsi ikan dengan sumber asam lemak omega-3 DHA lebih direkomendasikan pada trisemester ketiga kehamilan, saat pertumbuhan otak bayi sedang sangat cepat.

2. Mendukung Kesehatan Jantung

Yo People harus tahu, bahwa menu makanan yang kaya ikan dapat menurunkan risiko penyakit jantung dengan mengurangi pembekuan darah dan kadar trigliserida (lemak darah) serta menurunkan tekanan darah jika ibu hamil memiliki hipertensi yang sudah ada sebelumnya.

3. Mengurangi Risiko Kelahiran Prematur

Telah diamati oleh banyak ilmuwan, asupan ikan yang tinggi dapat mengurangi kelahiran premature dan beberapa penelitian memang mengaitkan asupan omega-3 yang memadai baik melalui konsumsi ikan ataupun suplemen dengan risiko kelahiran premature yang lebih rendah.

4. Meningkatkan Kualitas Memori Bunda

Mendapatkan omega-3 yang cukup dapat meningkatkan daya ingat bunda, terutama saat bunda sedang berjuang melawan masalah pada otak selama kehamilan.

5. Meningkatkan Suasana Hati Bunda

Telah terbukti bahwa asupan asam lemak omega-3 yang cukup dan terutama DHA telah terbukti mengurangi risiko depresi selama kehamilan serta depresi pasca persalinan.

Demikianlah berbagai manfaat konsumsi ikan saat hamil, saat berbelanja Yo People jangan lupa pastikan ikan rendah merkuri dan segar, tentunya hanya di Yogya cabang favorit kamu menyediakan ikan segar untuk memenuhi asupan nutrisi Yo People dan keluarga.

 

×