TRIK SELAMATKAN MAKANAN YANG KEASINAN

Tips 20/09/2022
Bagikan 

YO People, jangan berkecil hati jika masakan Anda keasinan, hal ini sering terjadi terutama pada pemasak pemula. Kalau sudah terlanjur asin, jangan membuang masakan. Ada beberapa trik yang bisa Anda coba untuk mengoreksi rasa asin pada masakan. Ini dia tips selamatkan makanan YO People!

1. Tambahkan air
Jika sedang memasak makanan berkuah, seperti sup atau kuah kaldu, dan rasanya terlalu asin, tambahkan air ke dalam sana. Namun jangan didihkan kembali masakan Anda karena rasa asinnya akan kembali terasa. Bisa juga menambahkan sedikit larutan dari tepung maizena, atau tepung jagung agar tekstur kuah sedikit kental dan membuat rasa asin terserap.

2. Tambahkan bahan ekstra / buat resep jadi 2x lipat
Ada cara lain untuk menyelamatkan makanan yang terlalu asin, yaitu dengan menambahkan bahan-bahan makanan seperti sayuran, mie, nasi, atau daging, sesuai masakan yang ada.
Contohnya ketika YO People sedang masak nasi goreng, dan rasanya terlalu asin, bisa tambahkan sedikit nasi putih untuk menetralisir rasa asin. Meskipun porsi makanan jadi lebih banyak, tapi bisa menyelamatkan makanan dari rasa asin. 

3. Tambahkan Sedikit Gula
Gula bisa membantu menetralisir rasa ketika YO People terlalu banyak menaruh garam ke dalam masakan. Jangan langsung terburu-buru memasukkan gula dalam jumlah banyak. Cukup taburkan sedikit gula sambil diaduk, kemudian jika masih dirasa terlalu asin bisa ditambahkan lagi sedikit gula. Karena memasukkan terlalu banyak gula dalam waktu yang sama, akan membuat rasa makanan jadi terlalu manis. 

4. Tambahkan rasa asam
Selain punya rasa yang segar dan asam, air jeruk lemon atau sedikit cuka bisa menyeimbangkan rasa makanan yang terlalu asin. Metode ini tidak mengurangi rasa asin namun akan menutupinya. Cukup tambahkan sedikit air lemon, atau cuka ke dalam masakan kemudian aduk hingga merata.

5. Gunakan Kentang (Untuk jenis masakan sup)
Jika sedang memasak sup dan rasanya terlalu asin, bisa gunakan kentang untuk mengurangi rasa asin tersebut. Caranya cukup mudah dan efektif, hanya perlu mengupas dan membersihkan kentang, kemudian potong kentang tipis dan letakkan ke bagian bawah masakan atau masukkan dalam sup. Setelah itu diamkan selama beberapa saat, hingga permukaan kentang menjadi transparan. Hal ini menandakan, bahwa kandungan garam dari masakan sudah terserap ke dalam kentang. Setelah itu kentang bisa diangkat, dan rasa dari makanan jadi tak terlalu asin.

Waktunya seru-seruan bareng keluarga YO People di momen AYO MASAK 02 -29 September 2022 bersama Yogya Group:

SANIA | SUNCO | MAMASUKA | CEDEA | FIESTA | LEMONILO | DUA BELIBIS | SASA | NUTRIJELL | ABC | UNILEVER

Oh ya, YO People jangan khawatir kalau kehabisan barang sehari-hari hingga bumbu dan rempah - rempah karena ada di Yogya/ Griya terdekat.Sekarang, semakin mudah belanja via whatsapp (Ketik-Bayar-Sampai) dan belanja online di www.yogyaonline.co.id

×